Sabtu, 11 Desember 2010

SELAYANG PANDANG SISTIM PONDOK PESANTREAN SALAF TARAUNASSA’ DIYAH




Kurikulum merupakan rencana pengajaran dan sebagai suatu sistem—yang merupakan bagian dari sistem lembaga pendidikan. Sebagai suatu rencana pengajaran, kurikulum berisi tujuan yang ingin dicapai, bahan yang akan disajikan, kegiatan pengajaran, alat-alat pengajaran, dan jadwal waktu pengajaran. Kurikulum sebagai suatu sistem menyangkut penentuan segala kebijakan tentang kurikulum dan prosedur pengembangan kurikulum, penerapan, penyempurnaan. Fungsi utama sistem kurikulum adalah dalam mengembangkan, menerapkan, evaluasi, dan penyempurnaan, baik sebagai dokumen tertulis maupun aplikasinya dan menjaga agar kurikulum tetap dinamis.
Mengenai kurikulum pondok pesantren Taraunassa’diyah garis besarnya mengacu pada pondok pesantren salaf Sumber Sari, Kepung, Kediri, oleh karena itu referensi mata pelajaran disesuaikan dengan mata pelajaran yang ada di pondok pesantren tersebut, walaupun pondok pesantren Taraunassa’diyah berdiri sekitar tahun 1985, tetapi tetap berpegangan pada sistem salam. Seperti halnya pondok salaf lain, pondok pesantren Taraunassa’diyah memiliki jenjang pendidikan, yaitu:
  • sekolah persiapan (SP) ditempuh dalam waktu satu tahun dan dilaksanakan setelah sholat dzuhur.
  • madrasah tsanawiyah salafiyah ditempun dalam waktu tiga tahun dan dilaksanakan setelah sholat dzuhur.
  • madrasah aliyah salafiyah ditempuh dalam waktu tahun dan dilaksanakan setelah sholat dzuhur.
Terlepas dari ketiga jenjeng tersebut, pengembangan pendidikan tambahan lebih banyak diprioritaskan pada pengajian rutin, yaitu setelah sholat subuh (kitab kuning), siang hari (kitab kuning), setelah sholat ashar (kitab kuning), setelah sholat maghrib (berupa taman Al-Qur’an dan sebagian santri mengaji kitab kuning), setelah sholat isyak (syawir/belajar bersama, refleksi terhadap mata pelajaran pada ketiga jenjang pendidikan di atas).

1 komentar:

Robbi mengatakan...

Aq sangat salut dng metode di Pondok ini.
Semoga sukses slalu.